Monthly Archives: November 2016

Cara Mencari Jurnal Nasional dan Internasional Berkualitas Gratis untuk Skripsi

Posted by miftachurohman on November 07, 2016
Student Hack / 1 Comment

 

Disclaimer:
Tips ini hanya saya peruntukkan bagi Anda Anda yang tidak mampu untuk membeli jurnal. Bagu Anda yang punya rejeki untuk membeli jurnal, belilah! Anda akan membantu perkembangan ilmu pengetahuan dengan bijak.

***

Ilmu pengetahuan terus mengalami perkembangan. Hasil penelitian ini dapat kita baca melalui berbagai macam publikasi.

Jurnal ilmiah merupakan salah satu jenis publikasi yang sangat disarankan dalam referensi sebuah penelitian. Hal ini karena jurnal dapat memfasilitasi cepatnya update perkembangan ilmu pengetahuan. Namun sayangnya, jurnal ini tidak selamanya dapat diperoleh dengan gratis.

Sebagian banyak jurnal ilmiah hanya dapat diperoleh dengan cara berbayar. Harga yang ditawarkan pun cukup variatif, tergantung dari masing masing penerbit.

Sebagai mahasiswa, berbagai jurnal ini sangat dibutuhkan sebagai referensi dalam tulisan ilmiah. Entah di paper, karya tulis ilmiah, skripsi, atau pun referensi poster ilmiah. Dengan harga yang selangit, jarang ada mahasiswa yang bisa mendapatkan jurnal berkualitas tersebut secara mudah.

Memang, saat ini sudah banyak universitas di Indonesia sudah banyak yang melanggan publikasi dari jurnal internasional. Namun, terkadang ada beberapa jurnal yang tidak dapat di akses karena dibatasi penggunaanya. Selain itu pula, kadang universitas tersebut hanya melanggan sedikit publisher karena keterbatasan anggaran dana.

Lalu, bagaimana cara mengatasi hal ini?

sci-hub.bz adalah situs pendownload file jurnal yang sangat membantu. Memang, situs “peretas” ini memang kurang populer, karena hanya sedikit orang yang tahu akan treasure ini. Situs ini memiliki mantra yang sangat sakti :to remove all barriers in the way of science.

Bagaimana cara menggunakan situs tersebut?

  1. Cari jurnal yang ingin Anda explore dengan mengetikkan keyword di Google. Selain itu, Anda dapat langsung mengunjungi situs penerbit jurnal dan mencari keyword di bagian search. Sebagai contoh, saya menggunakan jurnal dari Science Direct.
  2. Masukkan kata kunci di halaman search. Gunakan fitur filter untuk mempermudah hasil pencarian anda
  3. Pilihlah jurnal yang ingin anda download
  4. Carilah kode doi jurnal tersebut, kemudian copy dan paste kan kode tersebut di situs sci-hub.sz
  5. Klik oke. Kemudian akan dilakukan proses rendering
  6. Setelah rendering selesai, Anda dapat menyimpan file jurnal tersebut. Klik ikon save di sebelah kanan atas
  7. Klik oke. Proses download segera berlangsung.
  8. Kemudian, cek hasil download Anda di folder dimana Anda menyimpanya.

Selesai! Mudah bukan? Selamat mencoba!

 

This article was posted for the first time HERE

Tags: , , ,